Perbedaan Infak, Zakat , Sedekah

Perbedaan Infak,  Zakat , Sedekah.

."Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik" (Q.S. Al-Baqarah 2:195)

"Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia; dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah." (Q.S.Al Hasyr 59:7)

Zakat adalah nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula.

Setiap harta yang sudah dikeluarkan zakatnya akan menjadi suci, bersih, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang (at-Taubah: 103, dan ar-Rum: 39).

  1. Persyaratan harta yang wajib dizakatkan itu:
    Harta itu dikuasai secara penuh dan dimiliki secara sah, yang didapat dari usaha, bekerja, warisan, atau pemberian yang sah, dimungkinkan untuk dipergunakan, diambil manfaatnya, atau kemudian disimpan. Di luar itu, seperti hasil korupsi, kolusi, suap, atau perbuatan tercela lainnya, tidak sah dan tak akan diterima zakatnya. HR Muslim, Rasulullah bersabda bahwa Allah SWT tidak akan menerima zakat/sedekah dari harta yang ghulul (didapatkan dengan cara batil).
  2. Harta yang berkembang jika diusahakan atau memiliki potensi untuk berkembang, misalnya harta perdagangan, peternakan, pertanian, deposito mudharabah, usaha bersama, obligasi, dan lain sebagainya.
  3. Telah mencapai nisab, harta itu telah mencapai ukuran tertentu. Misalnya, untuk hasil pertanian telah mencapai jumlah 653 kg, emas/perak telah senilai 85 gram emas, perdagangan telah mencapai nilai 85 gram emas, peternakan sapi telah mencapai 30 ekor, dan sebagainya.
  4. Telah melebihi kebutuhan pokok, yaitu kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarganya yang menjadi tanggungan nya untuk kelangsungan hidupnya.
  5. Telah mencapai satu tahun (haul) untuk harta-harta tertentu, misalnya perdagangan. Akan tetapi, untuk tanaman dikeluarkan zakatnya pada saat memanennya (Q.S. Al-An'am: 141).

Perbedaan antara infak, zakat dan sedekah :
Infak berarti mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/ penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam.

Jika zakat ada nisabnya, infak tidak mengenal nisab. Jika zakat harus diberikan pada mustahik tertentu (8 asnaf) maka infak boleh diberikan kepada siapapun juga, misalnya untuk kedua orangtua, anak yatim, dan sebagainya (Q.S. Al-Baqarah: 215).

Infakdikeluarkan oleh setiap orang yang beriman,baik yang berpenghasilan tinggi maupun rendah, apakah ia di saat lapang maupun sempit (Q.S Ali Imran: 134)

Pengertian sedekah sama dengan pengertian infak,termasuk juga hukum dan ketentuan-ketentuannya. Hanya saja, jika infak berkaitan dengan materi, sedekah memiliki arti lebih luas, menyangkut hal yang
bersifat non materiil.

HR. Muslim dari Abu Dzar,Rasulullah menyatakan bahwa jika tidak mampu bersedekah dengan harta maka membaca tasbih, membaca takbir, tahmid, tahlil, berhubungan suami-isteri,dan melakukan
kegiatan amar ma'ruf nahi munkar adalah sedekah.

Seringkali kata-kata sedekah dipergunakan dalam Al Qur'an, tetapi maksud sesungguhnya adalah zakat, (Q.S At-Taubah: 60 dan 103)

Jika seseorang telah berzakat tetapi masih memiliki kelebihan harta, sangat dianjurkan sekali untuk berinfak atau bersedekah.

Berinfak adalah ciri utama orang yang bertakwa (al-Baqarah: 3 dan Ali Imran: 134), ciri mukmin yang sungguh-sungguh imannya (al-Anfal: 3-4), ciri mukmin yang mengharapkan keuntungan abadi (al-Faathir: 29). Berinfak akan melipatgandakan pahala di sisi Allah (al-Baqarah: 262).

" Dan demikianlah Kami terangkan ayat-ayat Al Qur'an, (supaya jelas jalan orang-orang yang saleh) dan supaya jelas (pula) jalan orang-orang yang berdosa. (Q.S.Al An'am 6: 55)Sumber:Drs. KH. Didin Hafidhuddin,M.Sc. (Panduan Praktis tentang Zakat, Infak, Sedekah.)

AddThis Social Bookmark Button
 

Links


Berhentilah Merokok Bukan untuk Kesehatan Saja Tetapi Juga untuk Lingkungan
Banner
Locations of visitors to this page
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday18548
mod_vvisit_counterYesterday49435
mod_vvisit_counterThis week158870
mod_vvisit_counterLast week303434
mod_vvisit_counterThis month824879
mod_vvisit_counterLast month483111
mod_vvisit_counterAll days14081800

We have: 43 guests, 24 members, 279 bots online
Your IP: 107.20.107.165
 , 
Today: Jul 30, 2015
Mobile Version | Standard Version

Who's Online

We have 323 guests and 24 members online

Link

Teknologi

Forums Menu

Related News


Ustadz Yusuf Mansur : dua Pelajaran on 18 July 2014, 04.22 by publisher in Nabi Muhammad SAW
Ustadz Yusuf Mansur : dua Pelajaran
Oleh: Ustaz Yusuf Mansur   Sedikitnya ada dua pelajaran yang minimal bisa kita petik dari Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu berbuat untuk orang lain dan memikirkan orang lain. Bahkan, ketika berdoa pun selalu menyebut ora
Read More 934 Hits 5 Ratings
FADILAH SURAH AL MULK on 11 July 2014, 08.41 by publisher in Fadhilah
FADILAH SURAH AL MULK
FADILAH SURAH AL MULK Dari Abu Hurairah ra. Dari Nabi saw. Beliau bersabda, “Sesungguhnya ada sebuah surat didalam Al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat. Surat tersebut akan memberikan syafaat bagi seseorang, h
Read More 979 Hits 0 Ratings
FADILAH SURAH AL QIYAMAH (AL BAIYINAH) on 11 July 2014, 08.31 by publisher in Fadhilah
FADILAH SURAH AL QIYAMAH (AL BAIYINAH)
KEUTAMAAN SURAH AL QIYAMAH (AL BAIYINAH) Bersabda Nabi saw., “Bahwasannya Allah mendengar bacaan: “Lam Yakunil Ladziina kafaru,” maka berfirmanlah Allah: Gembirakanlah hambaku, demi kebesaran-Ku, sesungguhnya Aku a
Read More 1882 Hits 1 Rating
Cara untuk selalu Fokus on 11 July 2014, 08.00 by publisher in Pendidikan Anak
Cara untuk selalu Fokus
Jika dilihat dari definisi katanya, fokus , bisa berarti pemusatan pada “titik” tertentu. Dan yang dimaksud dengan “titik”, bisa bermakna banyak. Jika pada kamera “titik fokus” berarti obyek utama sasaran kamera
Read More 7262 Hits 0 Ratings
Cara menghilangkan meta name="generator" content="Joomla! - Open Source Content Management" on 27 May 2014, 01.13 by webdesigner.kerenkeren.com in PHP
Cara menghilangkan meta name=
Cara menghilangkan meta name="generator" content="Joomla! - Open Source Content Management"   tanbahkan $this->setMetaData('generator',''); setelah defined('_JEXEC') or die; Pada index.php pada template anda. Cont
Read More 902 Hits 0 Ratings